7 Tips Aman Menggunakan Internet Di Mana Saja

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

7 Tips Aman Menggunakan Internet Di Mana Saja. Perlu dipahami, bahwa ketika kita memposting sesuatu di internet walaupun sudah dihapus, rekam jejak pasti sulit untuk dihilangkan. Untuk itulah dalam menggunakan teknologi, kita harus lebih peka dan hati hati. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Lihat juga: Inilah Daftar 5 Restoran yang Mempekerjakan Robot Jadi Pekerja

7 Tips Aman Menggunakan Internet

Berikut akan dibagikan tips agar tetap aman dalam menggunakan internet. Ini dia beberapa tipsnya :

1. Jangan pernah mengklik link yang dirasa mencurigakan

Bisa jadi link yang kamu kunjungi merupakan link palsu buatan hacker yang bisa merugikan. Untuk itu kamu harus memastikan sebelum mengunjungi website bahwa website tersebut diawali dengan https. Karena bisa saja kamu akan terjebak ke Dalam upaya penipuan tentang data pribadi yang dilakukan dengan cara mengklik suatu link.

2. Hindari menginstal aplikasi secara sembarangan

Pastikan saat kamu ingin mendownload suatu aplikasi. Aplikasi tersebut berasal dari website atau sumber yang terjamin. Sumber yang terjamin misalnya Google Play Store, App Store, atau jika kamu download aplikasi lewat PC, kamu harus pastikan bahwa kamu mendownload dari website asli aplikasi tersebut.

3. Pastikan selalu memperbarui software

Pastikan kamu selalu menggunakan software edisi terbaru. Ketika notifikasi muncul yang menandakan kamu harus memperbarui software, kamu harus melakukannya sesegera mungkin.

4. Berhati hati terhadap peniru indentitas

Jika suatu saat kamu menerima pesan dari orang yang dikenal, namun pesan yang dikirimkan terlihat aneh dan mencurigakan. Kamu perlu waspada. Karena bisa saja akun yang kamu kenal tersebut sudah di hack. Untuk itu jangan menanggapi atau membalas pesan tersebut. Misalnya pesan tersebut mengatakan bahwa dia butuh uang, atau dia sedang terjebak di laut negeri.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

5. Memegang sendiri kendali atas data yang ada di google

Dengan menggunakan Google seseorang bisa membuat akun nya dalam setelan privasi. Kamu juga harus mengatur tentang aktifitas di Google. Kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan sesuai dengan kenyamanan kamu.

6. Memastikan bahwa jaringan internet yang kamu gunakan aman

Saat kamu memakai fasilitas wifi yang disediakan umum, kamu perlu berhati hati. Mungkin saja jaringan ini merupakan deskripsi, yang memungkinkan saat kamu menyambungkan handphone kamu dengan jaringan wifi tersebut, pemilik WiFi bisa melihat apa saja yang kamu lakukan di internet. Apabila kamu memasukkan data yang sensitif, usahakan situs yang kamu kunjungi itu aman.

7. Gunakan password yang sulit ditebak oleh orang lain

Perlu diingat, bahwa jangan pernah membuat satu password yang sama untuk akun yang berbeda. Karna hal tersebut membuat seseorang dengan mudah dapat mengakses semua data kamu. Untuk itu, dalam membuat kata sandi kamu harus membuat yang sulit ditebak oleh orang lain.

Kombinasi kan antara huruf besar dan huruf kecil, angka, serta simbol. Kamu bisa mencatat beberapa password akunmu di catatan yang aman supaya kamu tidak lupa. Lihat juga: usir tikus di kap mobil

Video penjelasan tentang tips beronline ria menggunakan koneksi internet dimana saja.

Itulah beberapa tips agar kamu tetap aman dalam menggunakan internet. Intinya jangan pernah memberikan data pribadi kepada website atau aplikasi yang sekiranya mencurigakan. Semoga bermanfaat.

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply