Finansial

Tips Investasi Anti Gagal Mudah Diterapkan Untuk Anda

Sebagai investor pemula, Anda harus mengingat fakta bahwa tidak ada investasi yang 100% aman, tanpa risiko. Ada kemungkinan dana yang anda investasikan akan berkurang sampai habis atau mungkin hilang. Oleh karena itu, perlu menerapkan tips investasi agar bisa meminimalkan semua risiko.

Apa sih pengertian investasi itu?

Investasi adalah suatu kegiatan menghasilkan uang dengan cara menanamkan modal berupa uang atau barang, baik secara langsung maupun tidak, dengan harapan di waktu ditentukan, pemilik modal atau investor mendapatkan keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Tips Investasi Untuk Investor Pemula

Berikut 6 tips untuk investor pemula agar tidak gagal dalam berinvestasi:

1. Menentukan Tujuan Investasi

Tentukan tujuan investasi Anda. Apakah itu untuk tabungan pensiun, membeli rumah idaman di masa tua, dana kuliah anak, liburan, dana darurat, dan lain-lainnya.

Dengan mengetahui tujuan investasi, maka Anda mendapatkan gambaran besar nominal investasi yang ditargetkan.
Mulai dari menghitung dana penghasilan atau gaji yang harus Anda sisihkan setiap bulan dan kira-kira untuk berapa lama untuk mewujudkan tujuan investasi tersebut.

2. Memilih Instrumen Investasi

Di dalam memilih instrumen investasi harus disesuaikan dengan kesanggupan Anda dalam menerima resiko. Setiap instrumen investasi memiliki risiko. Ada risiko kecil dan risiko besar.

Perlu diingat instrumen investasi resiko besar sudah pasti untungnya besar, sedangkan instrumen investasi risiko kecil sudah pasti untungnya kecil.

Dan sebagai investor pemula, ada baiknya memulai dari instrumen investasi dengan risiko kecil. Contohnya, deposito, emas, obligasi negara, reksadana pasar uang dan pendapatan tetap.

Setelah Anda berhasil dengan instrumen investasi risiko kecil dan berencana ingin mendapatkan keuntungan lebih besar. Anda bisa mencoba intrumen investasi risiko besar. Contohnya, forex, investasi saham dan reksadana saham.

Pelajari dengan baik tentang instrumen investasi agar tidak salah memilih dan penyesalan di masa mendatang.

3. Hitung Dana Yang Diinvestasikan

Setelah memilih jenis instrumen investasi, selanjutnya menghitung berapa dana yang disisihkan untuk investasi. Dana yang disisihkan artinya dana tenang. Dana yang bisa digunakan setelah kebutuhan hidup terpenuhi dengan baik.

Misalnya pembagian gaji Anda untuk kebutuhan selama 1 bulan. Bagikan dulu ke pengeluaran pokok seperti belanja bulanan, tagihan, asuransi, biaya pendidikan anak, pengeluaran rutin lainnya dan dana untuk dinvestasikan.

Jika memungkinkan, Anda bisa menyisihkan 10% dari penghasilan untuk investasi setiap bulannya.

4. Pantau Kemajuan Investasi Anda

Selalu pantau perkembangan investasi Anda. Lihat kemajuan investasi Anda dari 6 bulan pertama hingga setahun. Jika tidak sesuai dengan harapan, ada baiknya Anda memilih jenis investasi lainnya. Semoga saja peruntungan lebih baik lagi dengan setelah mengganti jenis investasi.

5. Tetap Tenang Jika Nilai Investasi Turun

Jika posisi investasi Anda seperti ini, yang pertama Anda lakukan harus menenangkan diri, tidak perlu panik. Tenangkan pikiran dan mulailah menganalisa. kemudian ambil keputusan untuk melepas investasi agar tidak rugi banyak atau tetap setia berharap nilai investasi naik.

6. Diversifikasi Investasi

Tips terakhir dikhususkan untuk Anda yang bisa fokus berinvestasi ke berbagai instrumen investasi. Gunanya diversifikasi investasi untuk mengurangi kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

Diversifikasi investasi adalah cara mengurangi resiko dalam investasi dengan berinvestasi di banyak instrumen investasi. Artinya Anda melakukan investai di berbagai instrumen investasi yang ada.

Contohnya, berinvestasi di instrumen investasi dengan resiko rendah, sedang dan tinggi. Dengan cara ini, Anda bisa menutup kerugian jika salah satu intrumen investasi menghasilkan kerugian.

Selain itu, Anda bisa berinvestasi di instrumen jangka panjang dan jangka pendek. Terutama pada jangka pendek, dimana Anda butuh dana darurat Anda bisa mencairkan dana dari investasi jangka pendek.

Itulah tadi pembahasan tentang tips investasi untuk investor pemula. Semoga bermanfaat ya. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

Sekian dulu artikel finansial ini. Jangan lupa share ke teman-teman ya.

1 2Next page

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button