Tips Membuat Hand Sanitizer Alami Dengan Bahan Mudah Didapat

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Tips Membuat Hand Sanitizer Alami Dengan Bahan Mudah Didapat. Perkembangan dari covid-19 di Indonesia semakin hari semakin naik angka pasien yang terpapar. Banyak pemberitaan di media tertentu yang terkadang membuat orang cemas.

Lalu muncul sebuah kepanikan atau biasa disebut pacic buying. Hanya orang-orang yang memiliki uang berlimpahlah yang bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan. Seperti sembako, masker, bahkan hand sanitizer. Baca juga: Antisipasi Pencegahan Corona Dilakukan Kota Surabaya Boleh Ditiru Kota Lain

Segelintir orang bahkan menimbun untuk kebutuhan sendiri dan bahkan untuk dijadikan ladang bisnis. Setidaknya berbagi merupakan hal penting saat penyebaran virus corona belum bisa ditangani.

Orang yang memiliki uang atau hidup berkecukupan sepatutnya memberikan sebagian harta untuk membantu yang kekurangan. Untuk pekerja harian seperti ojek, tukang becak dan sebagainya patutlah sebagai orang yang berkecukupan memberi tambahan uang untuk mengurangi beban mereka.

Untuk mengatasi kelangkaan bahan pembuatan hand sanitizer, maka bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di pasaran bahkan di lingkungan sendiri.

Setidaknya ada 3 bahan yang sering digunakan dalam subtitusi alkohol pada hand sanitizer. Yaitu kulit jeruk, daun sereh dan daun sirih.

Namun, daun sirih lah yang paling umum digunakan. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa daun sirih memiliki khasiat antiseptic. Baca juga: Pencegahan Dini Penyakit Polio Pada Anak

Jadi daun sirih terbilang cukup ampuh dibandingkan dengan kedua bahan yang sudah disebutkan. Pembuatannya pun tidak memerlukan waktu lama dan terbilang tidak ribet.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Tips Membuat Hand Sanitizer Alami Dengan Bahan Mudah Didapat

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan hand sanitizer ialah daun sirih sebanyak 50 gram, air 200 ml serta jeruk nipis.

  1. Cuci tangan hingga bersih dan memastikan tangan telah steril
  2. Langkah selanjutnya yaitu mengambil 50 gram daun sirih dan cuci hingga bersih serta keringkan dengan diangin-anginkan.
  3. Selanjutnya yakni memotong daun sirih menjadi potongan kecil-kecil.
  4. Langkah berikutnya menyiapkan air 200 ml dan panaskan.
  5. Matikan pemanas atau angkat air setelah air muncul gelembung.
  6. Letakkan pada wadah yang telah berisikan daun sirih dalam bentuk potongan.
  7. Proses selanjutnya yakni steam pada panci dengan api kecil sekitar 30 menit.
  8. Setelah itu barulah masuk proses penyaringan bahan.
  9. Tambahkan ekstra jeruk nipis.
  10. Ratakan dan sedikit tambah air disesuaikan dengan kekentalan campuran tersebut.
  11. Hand sanitizer siap digunakan

Hand sanitizer alami ini memiliki efek yang hampir sama dengan etanol yakni terbukti ampuh mencegah datangnya bakteri. Namun perlu diperhatikan bahwa hand sanitizer ini dibuat dengan bahan alami artinya tidak dapat bertahan lama.

Efektifitasnya lebih cepat menurun jika dibandingkan dengan alkohol. Sehingga hand sanitizer rumahan ini tidak cocok untuk diperjual belikan, hanya untuk konsumsi pribadi saja.

Hand sanitizer alami ini diproduksi dalam jumlah yang sedikit namun rutin. Digunakan jika memang mendesak harus keluar rumah.

Bawalah hand sanitizer tersebut dan sering-seringlah pakai jika telah memegang benda yang sering dipegang oleh banyak orang. Hal ini dilakukan apabila tidak tersedia tempat pencuci tangan. Lihat juga: usir tikus secara alami

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply