4 Tips Memilih Biji Kopi yang Baik Agar Tidak Salah Beli

4 Tips Memilih Biji Kopi yang Baik Agar Tidak Salah Beli. Saat ini kopi seakan menjadi minuman paling diminati bagi seluruh masyarakat Indonesia di semua kalangan mulai dari tua, muda, laki-laki, perempuan bahkan anak-anak. Trend meminum kopi seakan sudah menjamur di seluruh wilayah Indonesia. Bisnis coffee shop pun hampir bisa ditemui di setiap sudut perkotaan.

Pecinta kopi dari seluruh dunia pun mengakui bahwa produk kopi dari Indonesia dipercaya memiliki cita rasa yang sangat kuat. Para turis yang berkunjung terkadang kagum dengan beragam jenis kopi pilihan dengan keharuman dan rasa yang berbeda-beda. Lihat juga: Manfaatkan Limbah Plastik Menjadi Ecobrick Pengganti Batu Bata

Tidak jarang juga berbagai turis memborong sejumlah kopi untuk dinikmati dan menjadi oleh-oleh untuk negara asalnya. Lihat juga: 3 Cara Tepat Mengabadikan Milky Way Gugusan Bintang Di Kamera Anda

Dengan beragamnya jenis kopi di Indonesia dengan rasa yang berbeda tentunya maka kopi dengan proses dan pilihan sendiri terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan kopi dalam bentuk kemasan.

Hal ini dikarenakan kopi dalam kemasan tersebut sudah mengalami beberapa proses. Terdapat banyak sekali alat penyeduh kopi yang bagus serta harga yang terjangkau. Seperti moka pot, vietnam drip, V60, syphone, rokpresso, dan mesin otomatis pembuat kopi.

Penyajiannya pun bisa dibuat beragam seperti cappucino, coffee latte, kopi tubruk dan sebagainya.

4 Tips Memilih Biji Kopi yang Baik Agar Tidak Salah Beli

Untuk menghasilkan kopi yang nikmat tentu perlu yang namanya menentukan biji kopi pilihan yang berkualitas. Adapun cara memilih biji kopi tersebut diantaranya :

1. Sumber

Mencari tahu atau menggali informasi tentang keberadaan penyedia biji kopi terbaik di wilayah yang akan dituju. Tentu hal ini menjadi penting, telusuri tentang ketinggian tanaman kopi, suhu, dan tanaman apa saja yang berada di sekitar kebun kopi tersebut.

Sebab, disinyalir bahwa kopi dapat menyerap aroma dan rasa dari tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Ketahui proses apa yang akan dilakukan oleh petani kopi. Seperti wine, full wash, semi wash dan natural. Proses ini tentunya juga mempengaruhi rasa biji kopi tersebut.

Wine lebih mengarah kepada fermentasi biji kopi, full wash dan semi wash terbilang memunculkan rasa yang lebih segar, sedangkan natural yakni mendiamkan biji kopi. Lihat juga: Langkah Tepat Mengelola Keuangan Saat Karantina Di Rumah.

2. Proses

Melihat proses sangrai atau roasting. Ketahui proses yang satu ini. Proses ini juga penting dalam menciptakan biji kopi yang nikmat.

Umumnya para roaster akan melihat karakteristik dari kopi tersebut dan akan menyangrai sesuai dengan karakteristiknya.

Terdapat 3 jenis hasil sangrai yakni dark, medium dan light. Biasanya para roaster memilih medium to dark untuk menciptakan rasa yang lebih dominan dan tentunya nikmat. Jika dark maka biji kopi yang dihasilkan akan terasa pahit.

3. Aroma

Mencium aroma biji kopi. Untuk para pemula dan ahli sekali pun bisa dengan mudah menentukan kualitas kopi hanya dengan mencium aromanya.

Jika aroma yang dihasilkan pekak maka bisa dipastikan biji kopi tersebut memiliki kualitas yang baik. Apabila aroma yang timbul cenderung hambar maka dipastikan kualitas biji kopi tersebut kurang baik.

4. Tester

Penjual yang baik akan mengadakan tester untuk kopi yang dijual kepada pembeli. Sehingga dari situ pula kopi tersebut diketahui kualitasnya.

Bandingkan biji kopi tersebut dengan biji kopi yang lain. Sehingga dalam hal ini bisa dengan mudah menentukan biji kopi mana yang cocok bagi pembeli. Topik ini pernah disinggung di link: 3 Topik Yang Sering Dibahas di Tahun 2020

Video Memilih Biji Kopi Terbaik

Itulah tadi 4 tips memilih biji kopi yang baik agar tidak salah beli ataupun pilih. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply