Tips Memilih Keyword Utama Dalam Menulis Artikel

Masih membahas cara menulis artikel seo friendly, tapi kali ini membahas tips memilih keyword utama atau kata kunci. Untuk penulisan judul dan disebarkan di isi artikel.

Cara yang digunakan:

  1. Mencari topik yang sedang ngetrend. Atau sering dibahas banyak orang saat ini. Jika ingin membahas ‘aktor bencong yang sering tampil di televisi’. berarti kata kunci yang tepat adalah aktor bencong.
  2. Mencoba hasil pencarian di Google. Coba ketikkan keyword utama yang ingin dijadikan judul di kolom pencarian Google. Jika hasilnya banyak sampai 1 juta lebih. Berarti persaingannya agak berat dengan artikel alin yang dimuat di web lain. Coba cari hasil pencarian yang dikit, agar persaingan ringan. Sehingga tidak tenggelam. Jika tenggelam, nanti siapa yang membaca.
  3. Variasikan keyword utama dengan kata-kata lainnya. Misalnya keyword utama ‘aktor bencong’ bisa divariasikan menjadi ; aktor bencong murahan, daftar aktor bencong, aktor bencong gak tahu diri dan lain-lainnya.

Ingat, pilih keyword atau kata kunci yang sedikit persaingannya ya. Isi artikel minimal 300 kata. Jika diserati gambar semakin bagus. Menarik dibaca, bikin tidak bosan membaca. Jangan overdosis jumlah gambar artikel nya ya.

Penyebaran kata kunci atau keyword dalam isi artikel

Biasanya paragraf pertama memuat kata kunci utama. Lalu paragraf kedua dan selanjutnya berisi kata kunci yang divariasikan. Atau keyphrase atau keyword turunan.

Jangan menggunakan kata-kata tidak penting sehingga berulang-ulang. Supaya isi artikel lebih banyak dan panjang. Jika ini diteruskan, maka anda sendiri yang bingung. Memberikan informasi kok mutar-mutar.

Memberikan gambar yang berhubungan dengan bumbu lucu, bagus juga. Biar rileks membacanya. Bahkan saking sukanya dengan gambar, bisa saja pembaca membagikan atau share ke teman-teman lewat media sosial.

Medsos memiliki peranan penting untuk promosi artikel blog. Juga mendapatkan banyak kunjungan. Jika banyak kunjungan, web ata blog bisa digunakan sebagai ladang duit. Baik itu pasif income atau aktif income. Menarik sekali ya.

Jangan menggunakan link hidup untuk keyword utama ke artikel lain

Terlalu berambisius, kebanyakan para master seo menganjurkan seperti ini. Ini tidak bagus ya, berlebihan. Kasihan yang menjadi korbannya. Biasanya ini disebut terlalu mengoptimasi. Sehingga keyword utama dijadikan link hidup menjadi tidak berarti. Yang ada keyword lain yang naik atau keyword di dalam artikel lain yang berhubungan.

Misalnya begini:

  • Anda memilih keyword utama ‘aktor bencong’ lalu anda jadikan link hidup ke artikel yang kebetulan membahas tentang aktor. Yang akan naik pasti artikel yang membahas aktor tersebut.
  • Memperbanyak link hidup internal ke artikel itu tersebut. Misalnya keyword turunannya ‘aktor bencong banyak gaya’, anda linkkan ke artikel aktor bencong. Terus setiap keyword turunan anda linkkan ke artikel. Ini namanya over optimasi. Bahaya ini.

Mungkin ini saja penjelasanya untuk Tips Memilih Keyword Utama Dalam Menulis Artikel ya. Jika ada info terbaru akan diupdate lagi di artikel ini. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, isi di kolom komentar ya.

Share on:

Leave a Comment