Tips Mengatasi Sesak Napas Tiba-Tiba Dan Dimana Saja

Tips Mengatasi Sesak Napas Tiba-Tiba Dan Dimana Saja. Sesak napas atau dyspnea hampir sering dijumpai seseorang. Akibat pasokan udara dalam paru-paru mengalami kekurangan.

Pernapasan normal terjadi saat udara masuk keluar dari paru-paru. Seseorang mungkin mengalami sesak napas secara tiba-tiba. Sebagian yang lain juga mengalaminya dalam waktu yang cukup panjang.

Seperti rasa sakit pada umumnya. Sesak napas juga menjadi sinyal untuk memperingatkan tubuh. Akan kondisi medis yang mungkin terjadi. Sesak napas bisa menjadi tanda, adanya gangguan pada organ paru-paru atau gangguan kesehatan lain.

Diantaranya ialah asma, pneumonia, kanker paru-paru, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) dan sebagainya.

Tentu sesak napas bisa dicegah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Diantaranya yakni makan makanan 4 sehat 5 sempurna, rajin berolahraga, rajin minum air putih dan sebagainya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat kita mengalami sesak napas.

Berikut cara mengatasi sesak napas :

Tips 1: Bernapas melalui mulut

Hal ini tentunya sudah umum diketahui. Duduk dengan posisi ke depan dan sedikit membungkuk, pada sebuah, kursi dengan bahu yang bersandar.

Cara ini bisa membantu merilekskan tubuh dan mempermudah pernapasan. Duduk pada kursi seperti biasa, condongkan tubuh bagian dada ke arah sedikit ke depan.

Buat otot dan bahu senyaman mungkin. Tarik napas melalui mulut secara perlahan. Tahan selama 2-4 detik.

Lakukan kegiatan ini berulang hingga kurang lebih 8-10 menit.

Tips 2: Berdiri menyandar pada dinding

Berdiri menyandar bisa dilakukan, dengan bantuan tembok atau lainnya yang memiliki permukaan datar. Hal ini bisa membantu merilekskan tubuh serta saluran pernapasan.

Berdiri dan bersandar dengan menempelkan pinggul. Pastikan kaki terbuka selebar bahu dan tangan, tentu berada di samping kedua paha. Santai dan condongkan tubuh sedikit ke arah depan.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan dengan berdiri, sembari telapak tangan bertumpu pada meja, dan merilekskan otot leher dan bahu.

Tips 3: Pernapasan dengan menggunakan diafragma

Untuk melakukan hal ini diperlukan posisi tubuh duduk pada kursi, dengan lutut tertekuk dan bahu, leher, serta kepala rileks. Meletakkan tangan di atas perut. Kemudian tarik napas secara perlahan melalui hidung. Pada saat mengeluarkan napas, kencangkan otot, dan perlu dipastikan perut terasa jatuh ke dalam.

Apabila merasakan gerakan perut artinya pernafasan diafragma dianggap berhasil. Setelah itu, hembuskan napas melalui mulut dengan posisi bibir mengerucut, ulangi kegiatan ini selama kurang lebih 5 menit.

Tips 4: Menghirup uap

Cara ini terbilang cukup ampuh dalam mengatasi sesak napas. Menghirup uap tentunya dapat menjaga saluran pernapasan, khususnya hidung agar tetap bersih. Sehingga hal ini dapat membantu pernapasan lebih mudah.

Uap disinyalir dapat memecah lendir pada paru-paru sehingga dengan begitu dapat mengatasi sesak napas.

Hal ini dapat dilakukan di rumah dengan cara menyiapkan baskom yang berisi air panas. Lalu, tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint. Posisikan wajah di atas baskom. Tarik napas secara dalam-dalam, dan hirup uapnya.

Sebaiknya, biarkan air sedikit lebih dingin untuk terhindar dari kulit melepuh.

Selain tips diatas. Melakukan olahraga malam juga mengakibatkan sesak nafas. Dan juga kesulitan tidur malam. So, mulailah melakukan pola hidup sehat. Agar kesehatan terjaga dan tubuh kuat. Itulah tadi info Tips Mengatasi Sesak Napas. Semoga bermanfaat ya.

Share on:

Leave a Comment