Tips Mengatasi Sulit Tidur Insomnia Di Malam Hari

Tips Mengatasi Sulit Tidur Insomnia Di Malam Hari. Ketika beraktivitas seharian penuh, tidak jarang bahwa orang-orang akan mengalami letih entah itu tubuh maupun pikiran.

Sehingga tidur merupakan kegiatan yang biasa dilakukan seseorang tatkala lelah menghampiri. Tidur idealnya ialah 7-8 jam setiap malam.

Segelintir orang juga tidak bisa tidur dengan mudah, atau biasa disebut insomnia. Hal ini diakibatkan karena sebuah kebiasaan, tugas, beban pikiran, beraktivitas yang cukup berat dan sebagainya.

Kesulitan tidur ini bisa berupa berat maupun ringan. Insomnia ini ditandai dengan gejala susah tidur, tidak bisa tidur meski merasa lelah, dan sering terbangun di malam hari.

Hal ini tentunya cukup menganggu bagi seseorang yang harus memulai aktivitas berat keesokan harinya. Berikut tips dalam mengatasi kesulitan tidur diantaranya ialah:

Tips 1 Meminum segelas susu hangat.

Meminum segelas susu hangat

Cara mengatasi insomnia yang satu ini cukup ampuh. Kehangatan yang masuk ke dalam pencernaan membuat tubuh terasa lebih rileks. Sehingga akan mempermudah proses untuk tidur terlelap.

Sebagai tambahan yakni memakan makanan dengan kandungan trytophan. Yang bersifat menenangkan dalam makanan seperti keju, tuna, atau kedelai. Baca juga: Perbedaan Manfaat Susu Sapi Segar Dengan Susu Bubuk.

Tips 2: Hindari meminum minuman kadar kafein tinggi.

Seperti teh dan kopi. Kafein disinyalir sebagai zat yang menganggu tidur seseorang. Hal ini tentu sudah menjadi pengetahuan umum. Namun, perlu diingat betul efek samping. Jika mengonsumsi teh atau kopi berlebihan. Baca juga: Tips Memilih Biji Kopi Yang Bagus.

Tips 3: Mandi malam dengan menggunakan air hangat.

Dengan melakukan hal ini dapat menyegarkan dan membuat nyaman tubuh. Sehingga dapat mempercepat proses tidur malam.

Tips 4: Hindari dan jauhkan gadget atau gawai.

Hal ini menjadi penting sebab bisa hampir dipastikan 90% orang susah tidur sebab tidak bisa lepas dari gawai. Selalu ada hal menarik dan membuat kecanduan seseorang terhadap sesuatu yang yang ada di gawai.

Salah satunya media sosial. Di mana banyak hal yang bisa dijelajahi hingga lupa waktu. Sehingga membuat seseorang mengeluh kesulitan dalam tidur malam.

Alangkah lebih baik yakni menaruh jauh-jauh gadget dari pandangan mata. Matikan internet bahkan matikan gadget jika diperlukan. Baca juga: Tips Aman Browsing di Internet.

Tips 5: Menghitung

Lakukan hal-hal umum seperti menghitung domba, menghitung mundur dan sebagainya. Perlu diingat bahwa hindari betul penggunaan obat untuk susah tidur.

Hal ini bisa menjadikan ketergantungan untuk selalu menggunakan obat tersebut. Gunakanlah cara-cara alami yang ampuh untuk dilakukan.

Tips 6: Mengatur pernapasan

Agar bisa membuat badan nyaman perlu melakukan pernapasan yang teratur. Tarik napas secara perlahan dan tahan selama kurang lebih 7-10 detik.

Hembuskan secara perlahan dan lakukan berulang hingga tubuh merasa nyaman. Hal ini cukup ampuh untuk mencegah kesulitan tidur di malam hari.

Tips 7: Membaca buku bacaan atau mendengar musik relaksasi

Hal ini bisa dilakukan sebagai langkah untuk mencegah kesulitan tidur malam. Musik relaksasi bisa berupa suara kicauan burung, suara hujan, dan sebagainya. Gunakan yang menurut anda bisa membuat tubuh nyaman.

Tips 8: Mematikan lampu serta memaksa mata untuk terpejam.

Hal ini menjadi langkah yang baik untuk dilakukan. Sebab, dengan begitu juga melatih otak untuk bisa beristirahat malam.

Itulah tadi 8 tips mengatasi sulit tidur di malam hari. Selain tips diatas, ada baiknya memulai gaya hidup sehat. Hindari olahraga malam. Akibat lain jika melakukan olahraga malam adalah: Sesak Nafas. Semoga bermanfaat ya.

Share on:

Leave a Comment