Tips Menjaga Kenikmatan Hubungan Intim Suami Istri

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Tips Menjaga Kenikmatan Hubungan Intim Suami Istri. Bercinta tidak hanya tentang kepuasan namun membawa dampak positif untuk kesehatan tubuh. Hubungan seks yang sehat tentunya mempunyai beragam manfaat untuk anda dan pasangan.

Dengan berhubungan intim secara rutin dapat mengurangi stres yang dialaminya, meningkatkan imunitas, serta beberapa penelitian juga mengatakan dapat menurunkan resiko serangan jantung loh guys.

Pada dasarnya aktifitas seksual bertujuan untuk bersenang – senang, menjaga keintiman, serta untuk bereproduksi. Namun, berhubungan seks yang tidak sehat malah membawa dampak yang buruk untuk kesehatan anda, misalnya tertularnya Penyakit Menular Seksual (PMS). Sehingga, kesehatan seksual merupakan hal sangat penting yang tidak boleh kita abaikan.

Cara Sehat Dalam Bercinta

Menurut ASHA (American Sexual Health Association) banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko PMS. Yuk kita simak bagaimana sih caranya tetap sehat dalam bercinta?

Tetap setia dengan pasangan anda

Tetap setia dengan pasangan anda
Kemesraan pict by pexels.com

Mungkin kita tidak asing lagi dengan istilah Penyakit Menular Seksual (PMS). PMS merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual salah satunya adalah hubungan seks yang tidak sehat seperti bergonta ganti pasangan. 

Setia pada satu pasangan adalah cara terbaik utnuk menurunkan resiko penularan penyakit ini. Pasalnya hubungan dengan banyak orang sangat erat kaitannya dengan seks tanpa pengaman.

Anda tidak pernah tahu jaminan kondisi kesehatan satu sama lain jika anda melakukan seks bebas. Bahkan ketika kita sudah bekomitmen untuk setia pada satu orangpun tidak ada salahnya dong untuk cek dan ricek riwayat pasangan anda sebelum melangkah pada tingkat yang lebih serius.  

So, disini tes kesehatan sebelum aktif secara seksual sangat penting ya untuk mencegah dampak buruk kehidupan seksual yag tidak kita inginkan. Selain itu rasa saling percaya antara pasangan, saling terbuka, jujur satu sama lainnya akan menambah hangatnya hubungan rumah tangga anda.

Menjalin komunikasi yang baik

Menjalin komunikasi yang baik
Ngobrol santai pict by pexels.com

Jangan pernah mengabaikan komunikasi dalam hal apapun, termasuk dalam urusan bercinta. Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan anda merupakan kunci untuk kehidupan seksual yang lebih romantis dan menyehatkan. Jangan canggung untuk membicarakan pada pasangan anda tentang keinginan dan batasan dalam bercinta.

Komunikasi yang buruk membawa dampak negatif untuk kesehatan. Kok bisa sih? Ketika seseorang merasa tidak nyaman dengan cara pasangan memperlakukannya, itu akan menjadi konflik batin yang lambat laun dapat memicu stress.

Nah, mulai sekarang nih ya jangan ragu lagi deh untuk membicarakan apapun dengan pasangan anda, demi keharmonisan dan kenyamanan satu sama lainnya.

Variasi bercinta

Variasi bercinta
Pasangan penuh cinta kasih pict by pexels.com

Dalam kehidupan sekual terkadang pasangan menginginkan untuk mencoba hal yang baru dan fantastik. Namun tetep ingat, apapun caranya pastikan itu aman dan sehat untuk kedua belah pihak. Contohnya hindari melakukan seks oral ataupun anal. Oops, ini beresiko loh guys.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Hindari mengkonsumsi alkohol dan stop narkoba

Hindari mengkonsumsi alkohol dan stop narkoba
Penggunaan narkoba bubuk pict by pexels.com

Mengurangi komsumsi alkohol dan stop narkoba dapat mengurangi resiko PMS. Pembatasan ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan kita dalam menerapkan keputusan seks yang lebih aman dengan pasangan yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Tidak merokok

Tidak merokok
Puntung rokok pict by pexels.com

Merokok dapat menyebabkan beragam resiko penyakit, salah satunya ganggunan pada genital. Rokok adalah penyebab utama kerusakan pembuluh vena dan arteri, bahkan hal ini juga berdampak untuk organ intim anda. Jadi, menghindari rokok sangat perlu agar kehidupan seksual anda dan pasangan lebih sehat lagi.

Menjaga kebersihan organ intim

Menjaga kebersihan organ intim
Mencuci pakai sabun pict by pexels.com

Membersihkan organ intim setiap kali berhubungan seks dengan pasangan anda dapat mencegah infeksi bakteri dan jamur. Pada saat bercinta organ intim kita dapat terpapar mikroorganisme dari banyak hal seperti tangan, pelumas, dan bebagai macam alat lainnya.

Basuhlah alat vital anda dengan air bersih mengallir dan ganti celana dalam setelahnya. Membersihkan organ intim tidak perlu dengan sabun khusus karena hal itu dapat merubah keseimbangan pH area genital dan justru beresiko untuk mudah teritasi bahkan infeksi.

Vaksinasi

Vaksin adalah cara yang paling aman, efektif, dan sangat direkomendasikan dalam pencegahan hepatitis B dan HPV. Vaksin HPV untuk pria dan wanita mampu melindungi dari beberapa jenis HPV yang paling umum. Waktu terbaik untuk melakukan vaksinasi adalah sebelum anda aktif secara seksual.

Tes kelamin

Bagi wanta yang berusia diatas 21 tahun dan sudah pernah melakukan hubungan seksual, pap smear penting untuk dilakukan. Pemeriksan ini dilakukan secara berkala setiap 3 tahun. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya kelainan yang mengarah pada kanker serviks.

Kesimpulan: Pada hakikatnya apapun yang kita lakukan harus ada dasar keamananya, sehingga akan menjadikan kita lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan terbaik termasuk dalam urusan bercinta. Jangan pernah takut untuk berkomunikasi dengan pasangan anda ataupun bila perlu berkonsultasi pada ahlinya.

Sumber

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply