6 Tips Rahasia Supaya Anak Lebih Bijak Dalam Menggunakan Internet

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

6 Tips Rahasia Supaya Anak Lebih Bijak Dalam Menggunakan Internet. Mendidik anak di era teknologi yang serba canggih seperti sekarang menjadi tantangan tersendiri untuk para orang tua. Dengan kemudahan akses internet seperti sekarang, anak anak bisa menjelajahi dan mempelajari segala hal. Oleh karena itu juga, keamanan menjadi hal yang tidak bisa dijamin.

Sebagai orang tua, sudah menjadi bagian dari tugas kita untuk mengawasi. Kita harus dapat mengetahui dan menelaah tentang hal apa saja yang ada di handphone anak. Lihat juga: 10 Cara Menjaga Baterai HP Tidak Cepat Habis

6 Tips Membimbing Anak Agar Bijak Menggunakan Internet

Dan berikut ini akan dibagikan tips tentang bagaimana agar anak tetap cermat dalam menggunakan internet.

1. Tegas dalam menetapkan batasan.

Orang tua harus menetapkan batasan tentang Berapa lama waktu yang diberikan untuk anak mengakses internet. Namun jika memang dibutuhkan, anda dapat memberikan waktu lebih.

Misalnya saat anak mempunyai tugas yang mengharuskan membuka internet. Dan orang tua juga harus memastikan bahwa anak tetap mempunyai waktu untuk berinteraksi dengan dunia luar.

2. Menemani saat anak bermain handphone.

Bukan cuma memantau, orang tua dalam hal ini juga harus benar benar menemani dan menghabiskan waktu bersama anak. Entah itu waktu belajar atau bermain.

Misalnya menemani anak untuk menonton televisi atau menonton youtube. Orang tua harus memastikan bahwa tontonan tersebut memang baik dan bermanfaat bagi anak. Seperti video menggambar, mengenal huruf, dan video edukasi lainnya.

3. Menjadi contoh terbaik untuk anak.

Ingat bahwa orang tua adalah contoh pertama bagi anak. Oleh karena itu jika anda ingin anak anda cermat dalam menggunakan internet, anda juga harus memulainya dari diri sendiri.

4. Berkomunikasi secara terbuka terhadap anak.

Teknologi memang saat bermanfaat bagi orang orang yang lokasinya jauh. Dengan teknologi kita bisa berkomunikasi walaupun dengan jarak yang jauh. Seperti melalui video call. Namun orang tua juga harus ingat.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Bahwa komunikasi terbaik adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung. Komunikasi secara langsung terhadap anak bukan hanya membuat hubungan orang tua dengan anak semakin erat.

Komunikasi secara langsung antara orang tua dan anak juga dapat membantu perkembangan anak. Anda harus membiasakan anak untuk selalu jujur dan terbuka. Dengan begitu saat anak menemukan sesuatu yang tidak nyaman di internet, dia akan membicarakannya kepada orang tua.

5. Jangan menenangkan anak dengan cara memberinya internet.

Maksudnya disini adalah seringkali anak akan merengek atau menangis. Tentu hal tersebut akan terasa menjengkelkan bagi orang tua. Terutama jika hal tersebut terjadi di tempat umum. Dan banyak sekali orang tua mengatasi hal tersebut dengan memberi gadget untuk menenangkan. Dan inilah letak kesalahan orang tua.

Sebagai orang tua seharusnya kita tidak memberikan gadget sebagai obat penenang anak. Karena hal ini akan memberikan dampak tidak baik bagi anak. Sebaiknya orang tua harus bisa membimbing anak anak agar bisa mengendalikan emosi dan rasa bosan tanpa gadget dan internet.

6. Mengajarkan tentang bagaimana internet yang sehat bagi anak.

Orang tua harus membimbing dan mengajarkan bahwa internet harus digunakan secara sehat. Orang tua harus mengajarkan tentang mana aplikasi dan situs situs yang boleh dan bisa diakses. Ajarkan juga kepada mereka bahwa dalam penggunaan internet kita harus mempunyai privasi. Lihat juga: jangkrik usir tikus

Berikut ini video panduan membimbing anak menggunakan internet dengan baik dan aman.

Nah, jadi itulah beberapa tips rahasia supaya anak anak bisa lebih bijak dalam menggunakan internet. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply