Website

Toko Online Anda Sepi? Segera Lakukan Ini Sebelum Parah

Jangan bersedih dan putus asa jika toko online Anda sepi pengunjung, dan jumlah pembelian terus bekurang bahkan nol. Kondisi seperti ini hanya awal dari kesuksesan. Kami juga pernah mengalami seperti dan percayalah kami sangat memahami apa yang dirasakan jika toko online sepi.

Apalagi sudah membayar mahal untuk pembuatan toko online. Tampilan atau desain dirancang menawan. Sewa domain dan hosting untuk 3 tahun bahkan lebih. Tahu-tahunya sepi. Untuk itu, perlu menggali lebih dalam mengenai penyebab toko online sepi. Setelah mengetahui faktor penyebabnya, selanjutnya mencari solusi untuk mengatasi permasalahan toko online menjadi sepi atau memang sepi dari awal.

Penyebab Toko Online Sepi Dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab online shop Anda menjadi sepi. Mulai dari kualitas SEO, kurangnya pemasaran seperti; promosi dan penawaran-penawaran menarik dari toko, kemudahan belanja dan faktor-faktor lainnya. Mari kita bahas satu per satu.

Kualitas SEO Toko Online Jelek

Ada beberapa penyebab mengapa kualitas SEO pada toko online Anda menjadi jelek. Tidak semua orang memahami SEO. Namun, bagi Anda sebagai pemilik toko online wajib memahami apa itu SEO dan fungsinya pada toko online Anda. Untuk itu Anda bisa memulainya dengan membaca artikel Belajar SEO di situs OST Trading.

Kemudian memperhatikan kecepatan loading halaman di toko online Anda. Jika kecepatan loading toko online Anda lambat, segera perbaiki. Untuk memperbaikinya Anda bisa membaca artikel Cara Mempercepat Loading Website di OST Trading.

Mohon diingat, SEO merupakan alat marketing digital paling penting dimiliki toko online atau website bisnis lainnya. Memahami SEO dasar dan mempraktekkannya wajib Anda lakukan dalam strategi pemasaran.

Kebanyakan yang terjadi, pemilik toko online sering mendapatkan informasi yang salah. Ada banyak informasi tentang toko online di internet. Dari sekian banyak itu, ada banyak informasi yang mengarahkan pada kesalahan. Hingga hasilnya bisa ditebak, toko online menjadi sepi.

Jangan gunakan jasa SEO jika Anda bisa mengerjakan sendiri. Belajar SEO itu mudah. Dalam hitungan jam, Anda sudah bisa mempraktekkan SEO pada toko online Anda.

Kualitas Toko Online

Penyebab berikutnya dari kualitas toko online yang Anda buat. Mulai dari server hosting yang digunakan jelek, harga produk yang terlalu mahal, sistem pembayaran yang ribet atau susah dilakukan pembeli, pilihan jasa pengiriman atau kurir sedikit, kecepatan membalas pertanyaan atau komplain, dan tidak ada garansi atau jaminan barang hilang atau rusak.

Memilih Server Hosting Jelek

Hosting berperan penting pada kualitas website penjualan Anda. Salah pilih kualitas hosting akan mengakibatkan kecepatan toko online lambat dan sering down atau tidak bisa diakses pengunjung. Untuk itu pilihlah jasa penyedia hosting yang berkualitas terbaik.

Cara memilih penyedia hosting terbaik dengan browsing di Google. Ketikkan di kolom pencarian dengan keyword “review jasa hosting terbaik di Indonesia”. Nanti akan ada banyak hasil pencarian yang bisa Anda jadikan referensi untuk sewa hosting atau ganti hosting.

Harga Produk Terlalu Mahal

Jika Anda baru saja membuat toko online baru saja memulai, ada baiknya Anda menetapkan harga jual produk di harga murah. Perlakuan seperti ini ditujuakan untuk mendapatkan pembeli yang banyak. Utamakan kuantitas penjualan dari pada menjual mahal tapi pembelinya sedikit.

Apalagi di zaman sekarang, berjualan di internet semakin semarak dilakukan masyarakat Indonesia. Yang dulunya pembeli kini menjadi penjual. Tentunya, mematok harga jual produk yang mahal akan sulit bersaing dengan toko-toko online yang menjual produk yang sama dengan harga lebih murah.

Sistem Pembayaran

Lengkapi sistem pembayaran untuk pembelian produk di toko online Anda. Gunanya menarik perhatian dan minat beli pengunjung di toko online. Kita tahu, saat ini sistem pembayaran yang sering digunakan adalah sistem pembayaran yang mudah.

Seperti menggunakan dompet digital seperti ovo, gopay, dana, link aja dan masih banyak. Sistem pembayaran ini banyak digunakan saat ini. Karena sangat mudah dan tidak dikenakan biaya transfer.

Berikut sistem pembayaran yang harus Anda miliki di toko online :

  1. Transfer antar bank. Sistem pembayaran bisa dilakukan pembeli baik offline ( langsung ke teller bank atau transfer menggunakan mesin ATM ), dan online yakni mobile banking dan internet banking.
  2. Kartu debit/ kredit. Dengan menggunakan kartu debit, pembayaran transaksi akan dipotong atau diambil dari tabungan. Sedangkan kartu kredit dijadikan tagihan atau hutang. Itulah perbedaan kartu debit dengan kartu kredit dalam sistem pembayaran.
  3. Dompet digital. Ada banyak layanan dompet digital yang bisa dijadikan perlengkapan pembayaran di toko online. Seperti gopay, dana, link aja, ovo dan sejenisnya. Layanan pembayaran seperti ini menjadi populer digunakan pembeli di toko online. Jadi Anda jangan lewatkan penggunaan fitur pembayaran menggunakan dompet digital ya.
  4. Cash On Delivery ( COD ). Sistem pembayaran di toko online ini bisa Anda perhitungkan sebagai penambah kemudahan transaksi. Biasanya menggunakan QR Codes pemindai pembayaran otomatis.
  5. Sistem pembayaran langsung. Sistem pembayaran ini menggunakan pembayaran secara tunai yang dilakukan di tempat usaha Anda. Alias pembeli langsung mendatangi tempat usaha Anda, melakukan transaksi hingga ke pembayaran. Sistem kerja sama dengan memiliki toko fisik atau toko offline. Sistem pembayaran tidak harus dilakukan jika hanya fokus di online saja.
  6. Pinjaman online. Sistem pembayaran ini dilakukan jika toko online Anda bekerjasama dengan layanan penyedia pinjaman online. Biasanya yang menggunakan sistem pembayaran ini hanya toko 0nline besar dan marketplace. Tidak keharusan menggunakan sistem pembayaran ini.

Jasa Pengiriman

Menyediakan berbagai jenis jasa pengiriman merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan penjualan di toko online Anda. Pilih jasa pengiriman atau kurir yang sudah mendukung sistem tracking online. Fitur ini bisa membantu pembeli untuk melacak status pengiriman.

Berikut kurir yang sudah mendukung sistem tracking online :

  • JNE
  • Tiki
  • Sicepat
  • Ninja Express
  • J&T
  • Wahana
  • Pos
  • Rex
  • Antar aja

Agar lebih jelas, silahkan cek di artikel Persiapan Yang Dibutuhkan Toko Online.

Layanan Komunikasi

Tingkatkan layanan komunikasi di toko online antara Anda dengan pengunjung toko online, pembeli, dan calon pembeli. Keramah tamahan membuat pengunjung menjadi nyaman untuk belanja di toko online.

Seperti menyediakan layanan chat jika ada yang menanyakan ketersediaan produk, informasi harga promo atau harga grosir, cara pembayaran atau cara pembelian dan pertanyaan-pertanyaan lain yang diajukan para pengunjung.

Sesuaikan layanan ini dengan jadwal jam operasional toko online Anda. Jangan lama membalas pesan yang masuk ke dalam fitur chat ataupun ke email. Kecepatan layanan komunikasi, menjadikan keyakinan untuk membeli semakin tinggi.

Jaminan atau Garansi

Berikan rasa kepercayaan kepada pembeli Anda. Kepercayaan pembeli ke penjual, merupakan salah satu cara membuat pembeli mau berlangganan di toko online Anda. Pemberian jaminan atau garansi berlaku untuk produk pengiriman yang hilang di saat pengiriman atau barang rusak serta barang yang diterima tidak sesuai.

Berikan jaminan berupa penggantian barang baru atau pengembalian dana. Dengan begini, semakin banyak pembeli akan merasa nyaman untuk belanja kembali di toko online Anda. Pelanggan toko online semakin terus bertambah. Jumlah testimoni dari pembeli yang telah belanja ke toko online Anda akan semakin banyak.

Dan jangan lupa, selalu menyertakan testimoni pembeli di halaman toko online Anda. Sebagai bukti, bahwa toko online termasuk toko online terpercaya di internat.

Promosi

Kurangnya promosi toko online Anda salah satu penyebab toko online sepi. Berpromosi secara rutin atau memperbanyak beriklan harus Anda lakukan. Agar banyak yang mengenal toko online. Percuma Anda menyiapkan toko online sedemikian bagusnya tanpa melakukan promosi maksimal.

Beriklan bisa dilakukan di situs-situs iklan gratis maupun berbayar. Jangan lupa gunakan media sosial sebagai media iklan gratis Anda. Share setidaknya 3-4 produk per hari. Jangan berlebihan, nanti akan ada masalah. Konten yang Anda share di medsos akan dianggap spam. Dan akhirnya akun medsos Anda di tangguhkan atau dibanned.

Cara iklan yang baik dan benar di internet, bisa Anda lihat di artikel Cara Tepat Membuat Iklan Menarik.

Anda juga bisa menggunakan situs OST Trading sebagai solusi iklan tertarget. Kami memberikan jasa promosi online gratis yang bisa digunakan Anda sepuasnya tanpa ada batasan. Silahkan beriklan di Pasang Iklan Gratis.

Update Konten

Selalu mengupdate konten toko online berupa artikel-artikel yang bermanfaat. Dengan adanya artikel-artikel bermanfaat bisa menaikkan peringkat toko online di search engine. Hasilnya, kunjungan ke toko online Anda semakin banyak.

Tidak perlu banyak-banyak membuat artikel. Cukup membuat minimal 1 artikel per hari, dengan kualitas berbobot dan bermanfaat jika dibaca pengunjung. Jika Anda bingung memulai menulis konten artikel yang benar dan tepat, Anda bisa melihat panduannya di kumpulan artikel membuat konten berkualitas di OST Trading.

Mengikuti Trend Pasar

Penyebab toko online sepi bisa jadi disebabkan dengan perubahan trend pasar. Mungkin saja jenis produk yang Anda jual lagi sepi peminatnya. Sepi peminat dikarenakan sifat kebutuhan berubah, kondisi ekonomi yang lagi lesu dan penyebab lainnya.

Untuk mengatasi ini sangat mudah. Ikuti trend pasar di situs marketplace. Dengan mencari produk terlaris atau sedang trending di saat ini.

Tetapi mengikuti trend pasar tidak harus dilakukan ya, jika modal tidak memadai. Yang Anda butuhkan kesabaran dan berdoa agar trend niche produk Anda naik kembali atau normal kembali.

Kesimpulan

Cara membuat toko online tidak sepi yang dijelaskan di atas, berlaku untuk toko online berumur muda maupun tua. Tepiskan anggapan toko online sepi karena usia website tergolong baru. Dengan mengikuti cara-cara di atasa, mempercepat meningkatkan penjualan produk Anda.

Itulah tadi penyebab toko online Anda sepi dan solusi mengatasinya. Cara-cara diatas sudah dipraktekkan dan hasilnya didapat sangat bagus. Dengan panduan ini, Anda tidak perlu khawatir dan gelisah menjalankan bisnis di toko online. Yang pasti semua membutuhkan kerja keras dan disiplin yang tinggi.

Sekian dulu artikel toko online ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, jangan ragu menggunakan kolom komentar di bawah. Segera kami jawab. Dan jangan lupa share ke teman-teman ya.

NB : artikel ini berhubungan dengan artikel Cara Singkat Memulai Jualan Online Untuk Pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Back to top button