Toples Ikan Cupang Aduan Yang Tepat Dan Pas

Toples Ikan Cupang Aduan Yang Tepat Dan Pas

Toples Ikan Cupang Aduan Yang Tepat Dan Pas. Media penyimpanan cupang yang tepat adalah botol minuman air mineral 600 ml telah digunting 1/4nya. Lalu diisi air sebanyak 3/4 kedalaman botol. Gunanya untuk mengistirahatkan cupang aduan.

Toples Ikan Cupang Aduan Yang Tepat Dan Pas

Mengenal Kebiasaan ikan Cupang

Ukuran tempat kecil untuk tempat tinggal cupang adu itu pas. Bertujuan agar cupang tidak terlalu aktif. Mennyimpan tenaga setelah melakukan banyak latihan.

Memberikan space sempit juga membantu ikan cupang memiliki daerah kekuasaan atau teritori. Karena hewan air termasuk binatatang teritorial.

Hal semakin membuat rasa percaya diri tingkat tinggi pada cupang. Menjadikan garang dan ganas. Anda akan melihat perbedaan jelas antara menggunakan botol air mineral 600 ml dengan menggunakan toples kue kering.

Berikut manfaat media ikan cupang menggunakan botol minuman air mineral 600 ml :

  1. Memberikan istirahat total pada cupang aduan setelah latihan
  2. Membangkitkan sifat teritorial cupang
  3. Membuat serangan mematikan pada lawan
  4. Mempertahankan ciri khas serangan
  5. Lebih agresif dan cepat mengakhiri lawan saat bertanding

Kebiasaan buruk penghobi ikan cupang aduan

Setelah membeli cupang aduan di pasar ikan hias. Biasanya pemula akan mencari toples bening transparan bekas atau membeli baru.

Setelah dibersihkan lalu diisi air ikan cupang adu yang telah di aerasi minimal 24 jam dengan diberikan garam dapur secukupnya. Lalu cupang adu dimasukkan.

Karena banyak melihat video luar dan doktrin para penjual abal-abal. Ada yang melakukan hal konyol. Seperti memasukkan tanaman air ke dalam toples. Agar cupang seperti hidup di alam liar.

Ini salah besar ya. Mengembalikan sifat dasar alami cupang dengan memberikan suasana rawa-rawa. Dipenuhi dengan tanaman air justru membuat cupang jago di kandang.

Sebaiknya tidak perlu tanaman air ataupun tempat persembunyian. Penggunaan tanaman air biasanya di saat beternak cupang. Itu digunakan pada saat pembesaran atau pemeliharaan biasa.

Hal-hal perlu dihindari setelah membeli cupang adu :

  • Setelah membeli cupang adu. Air ikan di saat pembelian tidak langsung dibuang. Tetapi diamkan dulu plastik kemasan cupang di dalam toples diisi air yang akan dijadikan tempat cupang.
  • Setelah 2 jam, buka plastik kemasan. Lalu keluarkan cupang beserta air di kemasan.
  • Kemudian bungkuslah botol media ikan cupang dengan pembungkus warna hitam atau putih. Atau jangan kasih cahaya. Agar cupang bisa menenangkan diri setelah menempuh perjalanan dari penjual ke tempat pembeli.

Tips membeli ikan cupang aduan

Ikan cupang adu berkualitas jelek bukan ditentukan dari harga belinya. Tetapi genetika indukan. Sebelum memutuskan beli ada baiknya anda mengikuti tips berikut ini.

Cara membeli ikan cupang adu yang benar :

  1. Berkomunikasi dengan penjual. Memilih penjual adalah awal mendapatkan cupang berkualitas. Tanyakan umur dan serangannya. Tetapi harus hati-hati ya. Banyak penjual abal-abal doyan kasih info asal asalan. Hanya untuk mengejar penjualan dengan cepat.
  2. Menentukan umur ikan cupang. Biasanya umur cupang yang ideal adalah 5 bulan untuk ke arena tinju. Ada ciri khas fisik pada berumur minimal 5 bulan. Sisik lebih rapat dan gelap. Permainan curang peternak dan penjual adalah memberikan cupang banyak pakan. Agar cepat besar. Tetapi jika kita jeli, pasti langsung tahu.
  3. Kemasan plastik pada saat pembelian. Usahakan di kemasan plastik diberikan udara. Sehingga plastik menggelembung. Lalu bungkus dengan kertas warna hitam atau putih. Agar tidak bikin kaget ikan.
  4. Penanganan setelah sampai di rumah. Setiba di rumah, siapkan botol media penyimpanan ikan cupang. Lalu masukkan kemasan plastik berisi ikan cupang ke dalam botol penyimpanan. Diamkan selama minimal 2 jam.
  5. Kemudian buang setengah air dalam plastik kemasan. Lalu setengah lagi bersama ikan dimasukan ke dalam media penyimpanan cupang adu.

Itulah tadi informasi seputar botol media penyimpanan ikan cupang. Jika ada yang kurang dana da pertanyaan. Silahkan gunakan kolom komentar ya. Untuk penjelasan mengenai latihan ikan cupang. Di artikel disini : Seputar Pelatihan Cupang Adu Super

Leave a Reply