Usaha Pangkas Rambut Pemula Modal 3 Juta Untung 3 Juta Perbulan

ub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Usaha Pangkas Rambut Pemula Modal 3 Juta Untung 3 Juta Perbulan. Siapa sih tidak mau mendapatkan keuntungan fantastis ini? Anda pasti juga mau kan? Mau tahu caranya? Yuk simak penjelasannya disini.

Cara Mengembangkan Usaha Pangkas Rambut Bagi Pemula. Siapa yang tak tahu jasa potong rambut? Usaha ini nyatanya akan terus selalu ada sepanjang masa. Jasa pangkas rambut begitu dibutuhkan oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Tidak bisa dipungkiri bahwa rambut manusia akan terus tumbuh setiap detiknya. Terkadang rambut panjang dan pendek tidak seperti biasanya juga membuat sebagian orang akan merasa risih atau tidak nyaman. Sehingga mau tidak mau ketika rambut sudah panjang, banyak orang memutuskan untuk merapikan rambut.

Pengertian Jasa Potong Rambut

Pengertan jasa potong rambut adalah seseorang yang bisa mencukur rambut dengan rapih dan sesuai selera.

Semua orang bisa dengan mudah memotong rambut mereka namun, tidak sebagus dan serapi jasa potong rambut. Seseorang akan cenderung mempercayakan merapikan rambut kepada yang lebih ahli di bidangnya.

Tidak heran juga penyewa jasa akan terus berdatangan dan sering kali menjadi pelanggan setia karena merasa cocok dan puas dengan hasil yang diberikan.

Lihat juga:

  1. Bisnis Sedotan Bambu.
  2. Bisnis Jasa Menjahit Rumahan.
  3. Bisnis Katering Salad.

Cara Mengembangkan Usaha Pangkas Rambut Bagi Pemula

Sebelum memulai usaha pangkas rambut, ada baiknya mengetahui kelebih dan kekurangan bisnis ini. Tapi perlu diingat, setiap usaha atau bisnis memiliki resiko.

Kelebihan Usaha Pangkas Rambut
  1. Modal usaha yang tidak begitu besar. Usaha ini memiliki risiko yang tidak begitu besar. Risiko yang dimaksud ialah dalam hal kegagalan usaha.
  2. Balik modal selama kurang dari 3 bulan.
  3. Pangkas rambut termasuk usaha yang vital. Artinya, jasa ini begitu banyak orang yang membutuhkan. Target pasarnya pun beragam. Sehingga tidak memiliki alasan, usaha ini akan mengalami kegagalan apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh.
  4. Keuntungan dengan omset perhari bisa mencapai ratusan ribu.
  5. Tidak memerlukan tempat yang luas. Usaha ini bisa dimulai di rumah sendiri.
  6. Biaya operasional yang tidak begitu besar perbulannya. Karena usaha ini tergolong usaha yang mengandalkan jasa, sehingga keuntungan bersih sepenuhnya milik Anda (jika tidak memakai jasa karyawan)
Kekurangan Usaha Pangkas Rambut

Dari banyaknya kelebihan dalam usaha pangkas rambut ini, tentu masih ada kekurangannya. Seperti anda harus selalu fokus terhadap usaha ini, sebab hal ini menyangkut dengan barang milik orang lain.

Artinya apabila Anda atau karyawan Anda melakukan kesalahan dalam memotong rambut, akibatnya bisa fatal.

Sebab ketika melakukan kesalahan rambut tidak akan bisa kembali seperti semula, dan membutuhkan waktu lama untuk rambut bisa kembali utuh.

Selain itu juga jasa pangkas rambut begitu menjamur dan menghadirkan banyak pesaing. Mau tidak mau Anda harus mengatasi hal tersebut dengan strategi yang ampuh.

Sehingga usaha Anda bisa mendatangkan banyak pelanggan dan bisa bersaing dengan usaha pangkas rambut lainnya.

Teknik Memotong Rambut

Teknik Memotong Rambut

Langkah ini menjadi awal dalam memulai usaha pangkas rambut. Anda bisa mempelajari teknik memotong rambut dengan melihat tutorial di video Youtube, internet atau belajar langsung dari orang yang lebih dulu menyelami usaha ini. Semakin banyak yang dipelajari maka semakin baik untuk usaha Anda.

Teknik potong rambut yang harus Anda kuasai diantaranya :

  1. Notching, yakni pemotongan dengan menggunakan ujung gunting. Tekik ini biasanya digunakan pada ujung rambut. Standar ukuran teknik ini ialah panjang = 1 cm dan lebar = 1 cm.
  2. Weaving atau potong sulam, teknik ini dilakukan dengan menyulam helai rambut menggunakan salah satu mata gunting, lalu dipotong. Teknik ini bertujuan untuk menipiskan rambut.
  3. Blunt cut, teknik yang satu ini yakni memotong secara rata pada ujung rambut. Teknik ini cocok diaplikasikan untuk semua model rambut.
  4. Sliding, gerakan tangan melengkung menghasilkan ujung- ujung rambut lebih banyak yang melengkung.
  5. Choping, teknik ini bertujuan untuk penipisan pada bagian ujung rambut.

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan dan teknik mencukur diatas. Selanjutnya mengenal peralatan yang digunakan untuk memulai usaha pangkas rambut.

Peralatan Pangkas Rambut

Sebelum menuju langkah selanjutnya perlu Anda ketahui bermacam peralatan pangkas rambut yang digunakan. Berikut alat yang harus ada dalam usaha jasa pangkas rambut dan keterangannya.

Alat Cukur

Alat cukur atau shaver menjadi barang penting dalam merapikan rambut supaya penampilan menjadi lebih rapi dan terawat. Tak perlu bingung dalam memilih alat cukur, sebab sudah banyak tersedia di toko offline maupun online.

Mesin Cukur
harga mesin cukur rambut original

Salah satunya ialah mesin cukur dengan merk Wahl Super Taper. Produk ini merupakan alat cukur buatan Amerika yang sudah terjamin kualitasnya.

Dilengkapi dengan aksesoris pendukung yang lengkap, seperti berbagai ukuran sisir mulai dari 3 mm hingga 19 mm.

Sehingga hasil potongan rambut rapi dan presisi. Harga dari alat cukur ini berkisar antara 230-260 ribu rupiah.

Kelebihan dari alat cukur yang satu ini ialah mampu bertahan lama dalam mengontrol kelebihan panas.

Pisau Cukur
Merk Pisau Cukur Lipat Terbaik

Pisau cukur yang digunakan merupakan pisau chrome yang telah terbukti ketajamannya. Perawatannya pun cukup mudah, di samping itu body yang digunakan sudah berbahan metal.

Namun, karena menjadi produk yang paling dicari untuk potong rambut, banyak barang tiruan yang beredar. Tentu, barang tiruan tersebut kualitasnya jauh dari yang asli.

Tempat Cuci Rambut

Tempat Cuci Rambut

Seperti yang diketahui bahwa dalam usaha potong rambut juga memerlukan tempat cuci rambut. Banyak toko menjual tempat cuci rambut salon.

Namun, dari banyaknya toko kebanyakan mereka membuatnya mandiri, alias tidak memiliki merk. Harganya pun bervariasi mulai dari 500-800 ribu rupiah.

Ada kriteria tersendiri untuk menentukan tempat cuci rambut. Diantaranya ialah tempat cuci rambut berbahan kulit sintetis dan terjamin kualitasnya.

Penyangga terbuat dari kayu yang kokoh dan tidak mudah keropos (jika tersedia besi kuat, lebih baik) dan wastafelnya memiliki bentukkan leher yang cukup nyaman bagi pelanggan.

Jenis Sisir Barbershop

Jenis Sisir Barbershop

Sisir juga penting dalam usaha potong rambut, fungsinya ialah untuk merapikan bentuk rambut agar lebih mudah dirapikan. Banyak jenis sisir barbershop yang bisa digunakan, bergantung pada jenis rambut yang akan dipotong. Antara lain sisir gigi panjang, sisir ekor panjang dan vented brush.

Anda bisa menggunakan merk Dupont Starflite. Harga berkisar antara 20-60 ribu rupiah.

Sisir ini memiliki jarak antar gigi yang cukup rapat dan terbuat dari bahan yang solid. Menjadikannya kokoh dan tidak mudah rusak.

Kursi Tunggu Antrian

Kursi Tunggu Antrian

Di saat kios Anda lagi ramai pengunjung, tentu kursi tunggu antrian untuk pelanggan harus ada. Tujuannya memberikan kenyamanan bagi ngantri. Membuat betah menunggu, daripada kehilangan pelanggan nantinya.

Kursi antrian bisa terbuat dari bahan apa saja yang penting kuat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bentuk kursi bisa disesuaikan dengan ukuran atau space yang tersedia di tempat Anda.

Hal tersebut juga menyesuaikan dengan dekorasi, lebih baik jika tempat Anda didekorasi dengan tema yang minimalis.

Menjadikan tempat potong rambut Anda berbeda dengan yang lainnya dan terkesan unik serta memiliki nilai positif di mata pelanggan.

Kursi antrian bisa Anda beli dengan harga 300-350 ribu rupiah.

Usahakan membuat kursi antrian dengan dibantu pengerajin kursi, sehingga hasil yang didapat lebih memuaskan.

Kursi Potong Rambut

Kursi Pangkas Rambut

Untuk kursi pangkas rambut gunakanlah kursi yang sekiranya membuat nyaman pelanggan. Bisa terbuat dari bahan apa saja, yang penting memiliki satu tema dan disamakan dengan dekorasi tempat cukur Anda.

Kursi cukur diusahakan memiliki kaki-kaki yang panjang atau dengan kata lain kursi terlihat tinggi.

Tujuannya untuk membuat si pencukur nyaman dan tidak terkesan membungkuk saat sedang memotong rambut.

Harga kursi cukur pun bervariasi, tergantung dengan bahan yang digunakan.

Meja Peralatan Barbershop

Meja Pangkas Rambut

Untuk meja pangkas rambut sederhana Anda tidak perlu kebingungan untuk mencarinya. Sebab banyak meja rias yang tersedia di toko online maupun offline.

Anda juga bisa membuat meja rias sesuai dengan yang Anda inginkan, tentunya dengan bantuan pengerajin agar meja yang diinginkan mendapatkan hasil yang maksimal.

Harganya pun bervariasi, bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.Perlu diingat bahwa meja yang dibuat harus memiliki bahan yang kokoh dan tahan lama.

Peralatan Tambahan

Peralatan tambahan ini sifatnya opsional. Artinya dibutuhkan sesuai kebutuhan. Yakni:

  1. Pelumas mesin cukur, umumnya menggunakan merk singer. Minyak pelumas menyerap panas dari bagian-bagian yang bergesekan. Sehingga mesin tidak terdengar kasar. Harganya pun terjangkau mulai dari 10-20 ribu rupiah.
  2. Shampo, digunakan sebagai bahan untuk keramas saat setelah mencukur.
  3. Bedak, bedak yang umum digunakan ialah bedak bayi. Bedak dalam proses mencukur digunakan untuk mempermudah dalam membersihkan rambut-rambut yang telah dipotong.
  4. Sabun, sabun sendiri difungsikan untuk melicinkan bagian kepala tertentu sehingga mempermudah dalam membersihkan sisa-sisa rambut yang tidak dapat dilakukan oleh mesin cukur. Biasanya sisa-sisa rambut ini akan dibersihkan menggunakan silet atau pisau cukur.
  5. Pomade, tentu bahan yang satu ini bisa Anda berikan kepada pelanggan sebagai salah satu layanan. Banyak pomade yang suda ada di pasaran, mulai dari Gatsby, Bellagio dan lain sebagainya.Harganya pun cukup terjangkau.
  6. Vitamin rambut, Selain pomade, vitamin rambut juga cocok untuk pelengkap dari jasa potong rambut. Banyak vitamin rambut yang dijual dengan harga yang terjangkau. Antara lain Ellips, Miranda dan masih banyak lagi

Cara Merawat Peralatan Pangkas Rambut

Untuk pemakaian peralatan cukur seperti halnya mesin cukur, perlu perawatan yang baik.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat alat bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga menekan biaya gonta-ganti alat.

Selama perawatan yang dilakukan baik maka alat apapun bisa tahan dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun.

Penting untuk membeli alat yang memiliki standar kualitas yang baik meskipun sedikit lebih mahal daripada alat dengan kualitas sedang.

Adapun cara merawat peralatan cukur ialah sebagai berikut :

  1. Bersihkan terlebih dahulu peralatan cukur dari rambut yang menempel
  2. Mencuci peralatan cukur, umumnya seperti pisau cukur, sisir, meja rias dan sebagainya. Atau dengan merendam alat-alat tersebut dengan alkohol. Hal itu untuk mencegah atau bahkan menghilangkan alat-alat tersebut dari mikroorganisme.
  3. Dikeringkan dengan lap terlebih dahulu
  4. Lalu keringkan alat tersebut tidak di bawah sinar matahari terik atau dengan kata lain diangin-anginkan.
  5. Untuk mesin cukur, perawatannya ialah dengan memberikan pelumas di setiap pemakaian alat. Jangan menunggu mesin cukur panas.
  6. Rajin mengganti pisau cukur jika dirasa pisau cukur kurang tajam.
  7. Rajin-rajinlah membersihkan meja rias, kursi pelanggan, dan kursi antrian agar kesan dari pelanggan selalu positif terhadap tempat Anda.

Setelah mengetahui peralatan usaha pangkas rambut dibutuhkan serta perawatannya, seperti dijelaskan diatas. Selanjutnya membahas tentang modal usaha dan analisa bisnis. Ini wajib diketahui. Agar perencanaan dana bisa disanggupi sesuai dengan kemampuan modal.

Modal Usaha dan Analisa Bisnis

Dalam segala jenis usaha pasti membutuhkan yang namanya modal usaha. Berupa sewa tempat, biaya membeli peralatan, gaji karyawan, pelayanan dan sebagainya. Untuk itu diperlukan analisa bisnis sebagai perencanaan.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat Anda memiliki gambaran luas tentang usaha ini. Berikut modal usaha yang bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam memulai bisnis pangkas rambut.

Peralatan yang digunakan
Jenis peralatanBiaya
Pisau cukurRp. 200.000
Mesin cukur 1 buahRp. 1.000.000
Pengering rambutRp. 300.000
Tempat mencuci rambut Rp. 500.000
Aneka macam sisirRp. 300.000
Kursi antreanRp. 300.000
Kursi cukur 1 buahRp. 100.000
Cermin ukuran 20 x 10 cmRp. 100.000
Meja rias + cermin besar Rp. 500.000
Kipas anginRp. 200.000
Handuk 10 buah Rp. 100.000
TotalRp. 3.600.000

Pakailah barang yang punya kualitas tinggi. Paling tidak memiliki daya tahan yang lama.

a-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Hal tersebut biasanya ada pada harga yang relatif lebih mahal dari yang kualitasnya standart. Ini lebih baik daripada Anda harus membeli barang yang kualitas biasa saja namun harus bolak-balik membeli barang tersebut. Tentu akan membuang-buang waktu.

Biaya Operasional
Jenis OperasionalBiaya
Listrik Rp. 150.000
PDAM Rp. 50.000
Minyak pelumasRp. 20.000
Bedak bayiRp. 30.000
SamphoRp. 50.000
Sabun Rp. 20.000
TotalRp. 320.000

Total modal yang harus Anda keluarkan ialah

Total modal = Rp. 3.600.000 + Rp. 320.000

Total modal = Rp. 3.920.000

Tersedianya biaya modal awal dan biaya operasional ini, tentu Anda bisa mengira-ngira berapa ongkos dalam jasa pangkas rambut ini.

Jika diambil harga Rp. 20.000, dan medapatkan pelanggan sekitar 8 pelanggan per hari, maka Anda akan mendapat keuntungan bersih sebagai berikut :

Keuntungan bersih = Keuntungungan per bulan – Biaya Operasional

Keuntungan bersih = (Rp. 20.000 x 6 x 30) – Rp. 320.000

Keuntungan bersih = Rp. 3.280.000 per bulannya

Sehingga waktu balik modal Anda kurang dari 2 bulan.

Mengembangkan usaha pangkas rambut bukan semudah kita bayangkan. Semuanya memerlukan proses, kesabaran dan jatuh bangun. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain menyiapkan modal usaha. Yakni:

Mengetahui Resiko Usaha Pangkas Rambut

Dalam membuka jasa potong rambut, pastinya Anda harus mengetahui risiko yang bisa saja terjadi dalam usaha Anda nantinya. Risiko dalam jasa potong rambut antara lain ialah sebagai berikut :

Pertama Zero mistake

artinya tanpa sedikitpun kesalahan. Sebab Anda akan berkecimpung dengan barang milik orang lain. Selain itu seperti yang diketahui bahwa rambut akan membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. Oleh karenanya penting untuk tidak melakukan kesalahan. Bagaimana untuk mencegah adanya kesalahan memotong rambut? Tentu yang utama ialah menanyakan terlebih dahulu kepada pelanggan akan model rambut yang diinginkan. Anda bisa memberikan katalog berisikan model-model rambut. Sehingga pelanggan Anda bisa dengan mudah mengetahui model rambut yang diinginkan. Lakukanlah dengan teliti dan penuh konsentrasi.

Kedua pertumbuhan rambut yang memerlukan waktu lama

Pastinya seseorang tidak akan berkunjung setiap harinya. Melainkan menunggu rambut dirasa kurang rapi dan memang memerlukan jasa potong rambut. Hal tersebut mengakibatkan tidak adanya penghasilan yang tetap.

Ketiga memiliki stigma tertentu bagi sebagian orang.

Karena peralatan cukur bergantian dengan orang lain. Bukan tidak mungkin kutu, bakteri dan sebagainya bisa menular dari satu orang ke orang lainnya.

Untuk itulah perlu membersihkan peralatan cukur sehabis dipakai oleh orang lain, sehingga pelanggan akan merasa lebih nyaman.

Strategi Mengembangkan Usaha Cukur Rambut

Untuk mengatasi resiko-resiko usaha pangkas rambut yang dijelaskan sebelumnya. Maka ada beberapa strategi mengembangkan usaha pangkas rambut wajib Anda ketahui, yakni:

Belajar dari Kisah Sukses Tukang Cukur Dunia

Nah, langkah memulai belajar dari kisah sukses tukang cukur dunia terkenal juga menjadi langkah yang bisa Anda terapkan sebelum membuka jasa tukang cukur.

Perhatikan dan pelajari apa saja yang dilakukan tukang cukur profesional.

Salah satu tukang cukur profesional dunia ialah Miguel Gutierrez. Gutierrez lahir di London lalu pindah ke Liverpool, Inggris untuk mencari pekerjaan pada usia remaja.

Dia pun tertarik untuk menjadi tukang cukur rambut. Waktu demi waktu, dia berpindah dari satu barbershop ke barbershop lain.

Hal yang membuatnya menarik ialah Gutierrez selalu memotong rambut dengan latar belakang yang terbilang unik. Seperti di hutan, gedung pencakar langit dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan ide tersebut dan diterapkan di Indonesia.

Selain itu terdapat tukang cukur profesional Indonesia yang sering jasanya sering digunakan oleh orang no.1 se Indonesia. Mungkin dari banyaknya tukang cukur nama Jumadi terlihat sering berlalu lalang di media.

Lelaki berusia 31 tahun itu merintis karier sebagai tukang cukur profesional dari bawah. Kerja serabutan pernah ia jalani, bahkan sempat menjadi pemulung setelah merantau ke Bogor.

Setelah pengalaman pertama mencukur rambut presiden didapatkan, kemudian Jumadi berulang kali bolak balik Istana Presiden untuk mencukur rambut orang nomor 1 itu. Tarif sekali cukur dari Jumadi adalah 60 ribu rupiah.

Belajar dari Barbershop Terkenal di Indonesia

Sebelum membuka usaha cukur, alangkah baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu tempat cukur yang baik. Mulai dari dekorasi, letak yang strategis, langkah yang bisa diterapkan untuk mendatangkan banyak pelanggan dan sebagainya.

Berikut daftar barbershop terbaik di Indonesia :

  1. Pax Wijaya, barbershop yang satu ini merupakan salah satu yang terbaik dan legendaris di Jakarta. Berdiri sejak tahun 60-an, Pax Wijaya hingga kini tetap konsisten menjaga kualitas hasil cukurannya. Biaya pangkas dari barbershop ini berkisar 75 ribu rupiah.
  2. Captain Barbershop, tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi warga Yogyakarta. Barbershop ini bisa Anda temui di Jl. Babarsari No.41, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Di tempat ini, semua pegawai berpakaian rapi dan memberikan kesan pelayanan potong rambut bak di film-film Hollywood.
  3. The Roots Barbershop, Tempat potong rambut kekinian ini terletak di Jl. Pandan No.1, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya. The Roots Barbershop ini punya kesan tempat yang klasik dan oldies lengkap dengan musik yang bikin Anda merasa nyaman.

Menentukan Lokasi Strategis Bisnis Pangkas Rambut

Lokasi strategis memulai usaha pangkas rambut merupakan faktor penting dalam menentukan jumlah profit didapat. Begini cara menentukan lokasi tepat untuk memulai usaha pangkas rambut.

  1. Usahakan lokasi yang Anda gunakan benar-benar tidak menyulitkan pelanggan. Artinya tidak terlalu pelosok dan mudah dijumpai. Contoh seperti di pinggiran jalan, di areal kampus dan sebagainya.
  2. Selain itu, identitas tempat pangkas rambut tidak boleh redup. Berikan dekorasi yang menarik, sehingga orang akan cenderung melihat tempat Anda memiliki kesan yang baik. Pakailah lampu yang terang untuk semakin menunjukkan tempat Anda.
  3. Lokasi yang strategis tentunya juga memiliki lahan parkir yang luas untuk bisa diisi oleh kendaraan roda empat atau roda dua.
  4. Berikan jasa parkir untuk menjaga dan mengawal kendaraan pelanggan.
  5. Perlu diingat untuk petugas parkir tidak meminta tips kepada pelanggan.
  6. Anda juga bisa menggabungkan lokasi pangkas rambut ini dengan berbagai usaha lain. Seperti yang sedang naik daun ialah gabungan antara coffee shop dengan barber shop. Sehingga timbul keuntungan diantara dua belah pihak.

Namun dalam penentukan lokasi strategis, haruslah disesuaikan dengan budget. Tidak usah memaksakan diri. Sampai harus berhutang banyak. Ikutilah prinsip ekonomi. Yakni modal kecil, keuntungan besar.

Mengenal Konsep Usaha Potong Rambut

Jasa potong rambut juga harus memiliki konsep usaha yang jelas. Kenali dan tentukan konsep usaha pangkas rambut yang Anda inginkan. Mulai dari tempat, bisnis dengan orang lain dan sebagainya.

Dalam menentukan tempat, tentu akan lebih baik jika lokasinya strategis. Tempat bisa dekat dengan jalan besar, agar pelanggan tidak repot dan tempat Anda terlihat banyak orang.

Selain itu gunakanlah berbagai lampu dengan warna yang menarik untuk menunjukkan tempat Anda.

Konsep usaha jika dilakukan bersama-sama atau diberi modal oleh investor, sistemnya akan seperti kontrak dalam jangka waktu yang panjang.

Sistem ini tidak jauh beda seperti menanam saham. Tentu ada kesepakatan banyak pihak dan bisa dipastikan akan saling menguntungkan.

Selain itu sistem pembagian hasil potong rambut bisa diambil 50 : 50. Pembagian 50 untuk Anda sebagai pemilik usaha, untuk membayar biaya operasional sedangkan 50 bagian digunakan untuk menggaji karyawan.

Sistem pembayaran untuk karyawan pun bisa Anda sesuaikan. Bisa pembayaran di awal bulan, pembayaran setengah di awal setengah di akhir, dan sebagainya.

Berikan bonus insentif kepada karyawan di saat toko ramai oleh pelanggan.

Anda bisa memberikan konsep usaha seperti berikut :

  1. Jasa potong rambut + keramas
  2. Jasa potong rambut tidak memakai keramas
  3. Jasa potong rambut pada jenggot dan kumis
  4. Jasa mewarnai rambut
Pembuatan Proposal Jasa Pangkas Rambut

Jika modal usaha menggunakan pinjaman dana atau melibatkan investor. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam melakukan pembuatan proposal jasa pangkas rambut.

Pembuatan proposal ini bertujuan untuk mencari investor yang ingin membiayai dan ikut menanam saham dalam jasa pangkas rambut. Karena menyangkut dana, maka perlu pembuatan proposal yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga investor akan tertarik dan mau membantu Anda.

Adapun tahap pembuatan proposal ialah sebagai berikut :

1. Tampilkan Biodata Pemohon. Anda harus menyertakan biodata yang valid. Mulai dari nama yang sesuai dengan akta kelahiran, tempat tanggal lahir, alamat dan sebagainya. Biodata pemohon ini bisa diberikan jumlah pengajuan dana yang diinginkan dan kegunaannya.

2. Latar Belakang dan Tujuan yang Jelas. Anda perlu memberikan apa yang melatar belakangi Anda membuka usaha pangas rambut. Tujuan yang diberikan pun harus jelas dan tidak terkesan bertele-tele. Meskipun sepele, namun kebanyakan investor akan melihat keseluruhan proposal yang Anda berikan.

3. Analisa Usaha yang Valid. Analisa usaha dalam proposal bisa diberikan mulai dari modal awal, biaya operasional sampai dengan jangka waktu balik modal. Perkiraan Omzet Anda juga perlu dijabarkan sebagus mungkin. Anda bisa memberikan juga tarif dalam setiap jasa yang Anda berikan. Buat sedetail mungkin agar investor percaya terhadap Anda dan mau membantu Anda.

4. Metode yang Digunakan. Perjelas metode yang akan Anda gunakan. Seperti alat dan bahan yang diperlukan, cara pemasaran Anda, tempat yang Anda gunakan seperti apa, gambaran peminat,gambaran dekorasi tempat Anda nantinya dan banyak hal lagi.

5. Jabarkan Kendala dan Strategi Anda ke depan. Jelaskan kendala apa saja yang kira-kira akan menghambat usaha Anda. Berikan tanggapan atau langkah untuk menghadapi kendala tersebut.

Promosi dan Perbanyak Relasi Anda

Promosi menjadi penting untuk mengenalkan dan meningkatkan jumlah pelanggan. Promosi ini bisa dari apa saja, media masa, media sosial dan sebagainya.

Namun, di era yang serba modern ini promosi dengan media sosial lebih terjamin dalam mendatangkan pelanggan. Sebab HP seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari seseorang apalagi media sosial. Relasi bisa terbentuk dari berbagai aspek.

Salah satunya yang sedang tranding saat ini ialah berkolaborasi dengan coffee shop. Hal tersebut bisa menguntungkan dari kedua belah pihak. Cobalah inovasi baru dengan relasi yang Anda miliki.

Selain itu Anda juga bisa memberi potongan berupa 10 x potong rambut gratis 1 x potong rambut. Anda bisa menggunakan stampel untuk mempermudah potongan ini. Berilah harga menarik di kala hari-hari tertentu.

Lihat juga:

  1. Bisnis Laundry Rumahan.
  2. Bisnis Keripik Rumahan.
  3. Bisnis Katering Makanan Rumahan.

Perhatikan Jam Operasional

Cobalah lihat dan survei hari serta jam berapa saja yang banyak mendatangkan pelanggan.

Maksimalkanlah bisnis Anda ini di jam-jam tersebut. Biasanya jam dengan banyak pelanggan ada pada hari minggu, sebab banyak dari pelanggan akan beraktivitas keesokan harinya, dan terkadang dituntut untuk rapi karena alasan tertentu.

Gunakan berbagai media sosial seperti instagram sebagai sarana pemberitahuan secara online (jam buka dan tutup).

Evaluasi dan Tingkatkan Pelayanan Jasa Pangkas Rambut

  1. Anda perlu mengevaluasi bisnis yang sedang dikerjakan. Mintalah kritik dan saran terhadap pelanggan. Dengan begitu Anda tahu dimana letak kurangnya usaha Anda.
  2. Selalu tingkatkan kualitas dari bisnis Anda. Artinya apabila masih ada kekurangan cobalah untuk memperbaikinya, seperti potongan yang kurang memuaskan, berilah uang ganti rugi.
  3. Jika kualitas bisnis Anda ini sudah baik maka perlu dipertahankan. Tidak lupa untuk memberikan pelayanan baik.
  4. Buatlah pelanggan seperti seorang raja, di mana Anda akan memperlakukan pelanggan itu spesial dan tidak pilih-pilih pelanggan.
  5. Pelayanan bisa diberikan seperti tutur bahasa yang sopan, tingkah laku, dan sebagainya. Anggap saja ini seperti usaha yang benar-benar harus dikerjakan untuk menarik pelanggan.
  6. Penting untuk setiap kali mencukur rambut, alat-alat yang digunakan disterilkan terlebih dahulu. Bisa dicuci dengan air mengalir atau diberi disinfektan. Hal tersebut bertujuan untuk memberik tahu pelanggan bahwa tempat Anda memiliki pelayanan yang bersih.
Pijat Barbershop

Selain itu juga Anda bisa memberikan bonus pijatan yang nyaman. Pijatan tersebut berfungsi untuk meringankan beban kepala dan mengatasi sakit kepala berlebih.

Tentu tidak boleh sembarangan dalam memijat, ada langkah demi langkah yang perlu dilakukan, diantaranya:

  1. Memijat sisi tulang belakang di dasar leher
  2. Diteruskan ke sisi tengah leher dengan pijatan yang perlahan
  3. Lalu memijat bagian tulang biji dengan cara diputar perlahan
  4. Selanjutnya memiringkan leher ke kanan dan kiri dengan perlahan
  5. Langkah terakhir ada pada memijat bagian atas alis dengan cara memutar secara perlahan
Pangkas Rambut Keliling

Di lain sisi, Anda bisa mengembangkan usaha Anda dengan membuka pangkas rambut keliling. Sederhananya Anda menjemput pelanggan.

Untuk jasa pangkas rambut keliling diperlukan relasi yang kuat terlebih dahulu. Jadikanlah pangkas rambut keliling sebagai layanan yang membuat jasa Anda dikenal oleh banyak orang.

Masih jarang tempat pangkas rambut yang menyediakan layanan seperti ini. Tentu, ini bisa menjadi peluang yang bisa Anda lakukan. Mengingat pelanggan lebih nyaman jika merasa tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk sekedar potong rambut.

Kesimpulan

Jadi untuk Anda yang ingin mencoba usaha rumahan atau profesional, usaha pangkas rambut ini bisa untuk dicoba. Dengan Cara Mengembangkan Usaha Pangkas Rambut Bagi Pemula diatas dan usaha yang sungguh-sungguh, bukanlah tidak mungkin usaha Anda akan sukses dan akan terus berkembang.

k" data-ad-client="ca-pub-2354269854877183" data-ad-slot="8273968190" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

You may also like...

Leave a Reply