Waktu Menjemur Ikan Cupang Adu Dan Hias Yang Benar

Waktu Menjemur Ikan Cupang Adu Dan Hias Yang Benar. Menjemur merupakan bagian merawat ikan cupang baik itu aduan dan cupang hias. Ada banyak manfaat, baik itu segi warna dan kesehatan.

Tetapi melakukan jemur cupang harus hati-hati. Jika salah, cupang bisa sakit ataupun mati.

Manfaat menjemur ikan cupang

Sebelum kita melangkah ke jam atau waktu yang tepat menjemur. Ada baiknya kita mengetahui kenapa ikan cupang harus dijemur. Inilah manfaatnya:

  1. Cupang membutuhkan vitamin D. Berguna membuat sisik dan tubuh ikan kuat. Warnanya semakin cerah atau enak dilihat.
  2. Melancarkan pencernaan. Penjemuran membantu ikan cupang mengeluarkan kotoran. Dan bila kotorannya berwarna hitam dan padat. Artinya sistem pencernaan ikan cupang bagus.
  3. Mencegah jamur. Mungkin banyak yang mengalami, kenapa ikan loyo dan siripnya menguncup. Itu karena adanya jamur menyerang tubuh ikan cupang. Menjemur salah satu mencegah jamur berkembang di tubuh ikan cupang.
  4. Melatih mental. Penjemuran yang tepat akan membantu menjaga mental ikan cupang. Jadi menjemur, sebagai salah satu cara menghindari ikan cupang menjadi bacul atau bacol.

Itulah tadi manfaat menjemur ikan cupang. Baik itu cupang aduan atau cupang hias.

Selanjutnya kita membahas tentang waktu menjemur ikan cupang yang tepat dan benar.

Waktu menjemur ikan cupang

Kegiatan perawatan ikan cupang ini wajib diketahui para pecinta cupang.

Sebab, penjemuran ikan laga adalah bagian vital perawatan. Jadi, pastikan Anda melakukan dengan benar.

Berikut waktu menjemur ikan cupang yang tepat:

  1. Pagi hari : rentang jam 7 sampai dengan jam 9. Maksudnya jemurlah ikan cupang di antar jam 7 pagi sampai jam 9 pagi. Anda bisa melakukannya di jam 7 pagi, atau 8 pagi, atau jam 9 pagi. Yang penting tidak boleh lewat jam 9 pagi. Atau panas dari sinar matahari sudah terik.
  2. Sore hari: rentang jam 4 sore sampai jam 5 sore. Sama dengan penjelasan jemur pagi hari. Maksudnya bisa dilakukan di jam 4 sore atau jam 5 sore.

Setelah Anda mengetahui waktu ideal menjemur ikan cupang. Anda juga harus tahu kondisi ikan cupang saat dijemur dan mengetahui kapan ikan cupang selesai dijemur.

Silahkan ikuti tips-tips di bawah ini.

Tips menjemur ikan cupang

Tips ini bertujuan mencegah dan menghindari kejadian tidak diinginkan. Mulai dari sakit atau menyebabkan kematian.

Salah praktek, hasil buruk. Berikut tips menjemur ikan cupang:

  1. Pastikan botol atau wadah penjemuran sesuai ukuran ikan cupang. Untuk cupang aduan, sebaiknya menggunakan botol bekas air mineral yang telah dipotong. Anda bisa membacanya disini : Botol Yang Tepat Untuk Cupang Adu. Sedangkan untuk ikan hias seperti plakat, halfmoon, serit, double tail, bulan sabit, terbelah, pecah dll menggunakan toples ukuran besar. Bahan wadah bisa kaca atau plastik. Yang jelas ukuran harus lebih besar. Kira-kira diameter 20-30 cm.
  2. Kondisi air. Selalu memeriksa kondisi air sebelum menjemur. Jika air sudah kotor, sebaiknya diganti dengan air baru. Untuk pergantian air wadah cupang aduan, silahkan ikuti tips ini : Cara Melatih dan Merawat Cupang Adu. 1 jam sebelum dijemur, ikan cupang harus diberi makan. pergantian air idealnya 1 x 2 hari atau 1 x 3 hari untuk wadah berukuran besar.
  3. Suhu air. Lamanya menjemur tergantung suhu air. Jika terasa hangat, sebaiknya penjemuran dihentikan. Ikan cupang diistirahatkan.

Itulah tadi tips-tips menjemur ikan cupang. Mudah sekali bukan.

Jika ada pertanyaan seputar menjemur ikan cupang yang tepat. Jangan sungkan untuk menanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini ya. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *